MOHAMMAD YASIR
Sastra Arab UNS
Persoalan Teks Dalam Linguistik Pragmatik
Oleh Hamou Lhadj Dehbia
Universitas Tizi-Ouzou – Algeria
Banyak dari peneliti dan pelajar yang merundingkan dan membahas tentang teks khususnya dalam ilmu kebahasaan modern, dan munculah beberapa definisi tentang teks tersebut, seperti kritikan dan pragmatik sendiri. Dan semua pengertian dan pembahasan tersebut mendekati unsur –unsur dalam pemikiran guna berkontribusi dalam pembentukan di bidang keilmuan dan sosial yang berbeda. Dan walaupun banyak pengertian yang telah dipaparkan oleh para peneliti tetapi penegrtian teks ini hanya mencakup dalam pengertian ilmu kebahasaan modern dan bukan ilmu bahasa arab islami yang lama, jika kita memperhatikan dan menelaah tentang definisi yang banyak ini kita akan menemukan bahwa mayoritas definisi melebihi batasan kebahasaan yang ada, dan juga tidak terfokus saja dalam satu perkataan atau satu oengertian meskipun dibentuk dari inti yang sama.
Ulama muslim juga telah membatasi istiah teks itu sendiri, Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i berkata ”teks adalah sesuatu yang tidak memerlukan penjelasan ataupun penafsiran” maka itu disebut perkataan yang tidak memerlukan penjelasan karena wujudnya tidak memerlukan itu.
Pemahaman teks dalam bahasa arab terdapat beberapa arti, diantaranya ibnu Mandzur berkata dalam kamusnya Lisan al-Arab “teks menganngkat sesuatu, teks modern, menulis teks, mengangkatnya, dan setiap yang terlihat itu dalah teks, dan asal dari teks adalah pencapaian sesuatu dan tujuannya, dan diartikan juga dengan bagian dari perjalanan yang cepat”.
Dan jika kita kembali lagi dalam pengertian dari nash dalam bahasa eropa sebagai teks yang berarti suatu tulisan yang menghubungkan suatu rumpun bahasa dengan perantara unsur-unsur di dalamnya untuk membentuk suatu teks tertentu.
- Faktor-faktor pengelompokkan:
Istilah teks terkadang dipakai sebagai sinonim dari khutbah atau ucapan.
- Khutbah sendiri ditentukan sesuai nilai praktek banyak khutbah yang ada dalam kehidupan sosial. Dan juga berguna dalam bidang pembelajaran, agama, politik, hukum, jurnal, filsafat, ataupun sastra. Dan praktek dari khutbah atau perkataan itu dalam berbagai bidang berbeda sesuai dengan tema dan kondisinya. Misal dalam bidang pengajaran khutbahnya mengandung kurikulum yang akan digunakan dalam metode pembelajaran atau arahan tentang suatu acara yang akan diselenggarakan. Dan praktek khutbah dalam bidang keagamaan misal khutbah tentang sholat atau tentang perbuatan baik dan sebagainya.
- Malfuzh (ucapan) merupakan perubahan bentuk dari khutbah yang terfokus dalam tema yang tertentu, terucap maupun juga tertulis, apabila ucapan membentuk metode agar mencapai kepada teks yang benar.
- Teks menghasilkan tentang suatu tulisan tertentu dari berbagai pilihan (perkamusan, susunan, ucapan) dan juga teks itu sendiri menghasilkan ungkapan tentang suatu contoh tersendiri dari macamnya. Dan itu sesuai dengan contoh yang digunakan dalam ucapan malfudz.
Pengetahuan tentang teks: segala teks mengandung makna, maka itu condong kepada contoh yang mungkin sesuai atau tidak sesuai dengan pengetahuan di luar ucapan lisan, atau pengetahuan tentang percobaan.
Tulisan selalu mendatangkan pengaruh (jika kita fokus terhadap tulisan), dan setiap teks ialah hasil kumpulan dari praktikum yang membuat suatu pekerjaan tertentu, dan dalam keseluruhan terks diterjemahkan sesuai keadaan, dan yang penting dalam semua ini adalah pemahaman tentang bagaimana teks membawakan suatu maksud, dan bgaimana teks memungkinkan untuk mempengaruhi dalam lawan bicara yang tertentu.
Dan telah banyak dijelaskan tentang definisi-definisi yang tertuang dalam pembelajaran pikiran, makna, kata, pemahaman, dan penjeasan setiap hubungan dengan penguunaan bahasa. Dan mungkin dapat kita katakan bahwa pragmatik adalah sarana untuk menjelaskan dan untuk mengkritik, karena mengandung unsur pengetahuan, pemahaman, dan perbedaan.
Dan dengan pembahasan dan penelitian yang diusahakan manusia dalam interaksi kebahasaan dan sosial, dan dinamakan pragmatik dengan teorinya dapat mencapai suatu pemahaman yang baik dalam segi teorinya maupun penerapannya dalam pembelajaran bahasa dan sastra.
semoga bermanfaat :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar